Jumat, 06 Februari 2009

Sehatkah Pola Hidup Anda ???

Pada suatu pagi, bapak menyuruh ibu untuk membuat kopi "Bu tolong buatin kopi" kemudian ibu membalas "Ah Bapak pagi-pagi malah minum kopi dan merokok bukannya sarapan dulu". Bapak "ya habis gimana dong bu, rasanya badan ini gak enak kalo gak minum kopi dan merokok".

Cuplikan dialog antara bapak dan ibu tersebut dapat menggambarkan kepada kita tentang buruknya pola hidup masyaraka Indonesia khususnya masyarakat pedesaan yang kurang mendapatkan akses tentang kesehatan dan juga akibat rendahnya tingkat pendidikan mereka.

Pola hidup demikian rentan sekali terserang penyakit khususya orang dengan darah tinggi dan kegemukan dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Selain itu bagi usia diatas 35 tahun ke atas dapat meningkatkan resiko terserang penyakit degeneratif (keturunan)
seperti diabetes, darah tinggi dll...

Cuplikan dialog di atas sang ibu menyarankan bapak untuk sarapan terlebih dahulu, tetapi sang bapak menolak karena sang bapak merasa kopi dan rokok sudah cukup sebagai pengganti sarapan. Sebenarnya saran ibu sangat tepat, bahwa kita harus membiasakan untuk selalu makan pagi (sarapan).

Makan pagi sangat dianjurkan, karena makan pagi sangat bermanfaat bagi tubuh kita, terutama bagi pekerja berat. Manfaat yang dapat diambil dari makan pagi diantaranya adalah untuk memelihara ketahanan tubuh, agar dapat bekerja atau belajar dengan baik, membantu memusatkan pikiran, dan memudahkan penyerapan pelajaran, dan membantu mencukupi zat gizi.

Dalam buku pintar konseling keluarga mandiri sadar gizi (kadarzi) disebutkan, bahwa makan pagi adalah makanan yang dimakan pada pagi hari sebelum beraktifitas, yang terdiri dari makanan pokok dan lauk pauk atau makanan dengan Jumlah yang dimakan kurang lebih 1/3 dari makanan sehari. Tetapi jangan berlebihan dalam makan pagi karena bukannya membantu aktifitas kita, malah menjadi mengganggu aktifitas, karena kita bisa mengantuk atau lemes.

Apakah makan pagi saja sudah cukup, tentu saja tidak, gizi yang seimbang dan bahan makanan yang terbebas dari kontaminan (bakteri, virus, dll) menjadi sangat penting bagi kesehatan kita. Kontaminan dapat meliputi zat tambahan seperti zat pewarna yang melebihi ambang batas yang diijinkan. Hindarilah makanan yang mengandung formalin, rodamin B, Boraks, pemutih, dll..

Akhir-akhir ini kita sering mendengar zat-zat tersebut banyak digunakan dalam makanan kita, oleh karena itu berhati-hatilah dan sebisa mungkin mulailah mengkonsumsi makanan yang berasal atau ditanam secara organik...

Tidak ada komentar:

Pilihan Kamu ??

Mau Coba yang ini??