Selasa, 24 Februari 2009

Ginjal dan Seluk Beluknya

Pernahkah anda berpikir bahwa tubuh manusia merupakan satu kesatuanseperti layaknya sebuah mesin? Apabila salah satu "onderdil" tubuhterganggu, maka semua fungsi yang lain akan terganggu juga. Sepertisebuah motor, apabila businya mengalami kerusakan, maka motor juga tidakakan bisa jalan.

Ginjal merupakan salah satu onderdil tubuh yang sangt vital. Ginjalmempunyai dua fungsi utama yaitu mengekskresikan produk terakhir dariproses metabolisme tubuh dan mengatur konsentrasi jumlah cairan tubuh.Ginjal ada dua buah, keduanya terdiri dari kira-kira 2.400.000 nefron.Nefron adalah bagian terkecil dari ginjal yang membentuk urine. Fungsidasar nefron adalah membersihkan atau menjernihkan plasma darah darizat-zat yng tidak dikehendaki ketika ia mengalir melalui ginjal. Zat-zatyang harus dikeluarkan terutama meliputi produk akhir metabolismeseperti ureum, kreatin, asam urat dan garam-gram asam urat. Disampingitu banyak zat lain seperti ion natrium, ion kalium, ion khlorida danion hidrogen cenderung terkumpul di dalam tubuh dalam jumlah yangberlebihan.

Ada dua mekanisme kerja nefron yaitu pertama adalah dengan membersihkanplasma dari zat-zat yang tidak dikehendaki. Sedangkan yang kedua adalahdengan mengekskresikan zat-zat yang tidak dikehendaki. Dengan kata lainginjal merupakan organ terminal untuk mengeluarkan produk sisametabolesme. Coba anda bayangkan apabila ginjal kita rusak, sisametabolisme tidak akan dapat dibuang, akan terkumpul dalam tubuh danakan meracuni tubuh serta dapat mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu sayangilah GINJAL anda. Berikut ini adalah tips agarginjal anda terjaga kesehatannya:
1. Makan dan minum yang tidak mengandung bahan yang berbahaya,contoh bahan pengawet, bahan pemanis dan bahan kimia yang lainnya.

2. Menjaga kebersihan diri terutama kebersihan saluran kencing,karena infeksi pada saluran kencing dapat menjalar ke atas dan bisamencapai ginjal.

3. Berolah raga seca teratur. Dengan berolah raga akan menjagasirkulasi darah senantiasa lancar dan sehat.

4. Jagalah tekanan darah anda dengan baik dengan menjalan polahidup yang sehat. Tekana darah tinggi akan mengakibatkan kerusakan padaginjal.

5. Berhati hatilah mengkonsumsi gula. Jangan sampai terkanapenyakit gula. Penderita gula akan mengalami kerusakan secara progresifpada ginjalnya.

6. Dan yang paling penting, minumlah air putih yang banyak. Ingatbahwa disini bukan hanya sekedar air putih saja, tetapi lebih pada airputih yang baik.

7. Minumlah air putih yang murni, yaitu air putih yang tidakmengandung zat-zat terlaurt di dalamnya, agar ginjal juga tidakterbebani dengan zat-zat tsb. (mungkin dalam hal ini bisa dengan AirOXY, Air minum yang kadar mineral an-organiknya rendah dan mengandungpure Oxygen)

Sumber: OXYGEN News edisi 23, Sep-Okt 2008Sumber: OXYGEN News edisi 23, Sep-Okt 2008

Tidak ada komentar:

Pilihan Kamu ??

Mau Coba yang ini??